Buka jam 08.00 s/d jam 22.00
Beranda » Artikel Terbaru » Cara Meminimalisir Kerugian Dalam Menjalankan Bisnis Wahana Waterboom

Cara Meminimalisir Kerugian Dalam Menjalankan Bisnis Wahana Waterboom

Diposting pada 15 December 2021 oleh admin

Cara Meminimalisir Kerugian Dalam Menjalankan Bisnis Wahana Waterboom

Cara meminimalisir kerugian dalam menjalankan bisnis wahana waterboom – Kegalan dan kesuksesan dalam dunia bisnis ibarat dua mata uang yang terpisahkan. Atau ibarat pilihan, hanya itu dua itu pilihannya dalam dunia bisnis, gagal atau sukses. Cakupan bisnis itu sangat luas sekali dan berbeda penanganannya dari satu bisnis dengan bisnis lainnya. Dan setiap bisnis sudah ada ahlinya masing-masing berdasarkan lama pendeknya pengalaman mereka dalam menjalankan bisnis tersebut. Meski harus diakui, pola dasar semua bisnis itu pasti ada kesamaan. Karena bisnis kami bergerak dalam bisnis kontraktor waterboom, sedikit banyak kami punya pengalaman sebagai kontraktor dan juga pengalaman dengan klien kami yang sudah menjalankan bisnis wahana waterboom. Sebagai bentuk dari edukasi sekaligus informasi dalam melengkapi perjalanan website kami ini, kami membuat sebuah tulisan dengan judul cara meminimalisir kerugian dalam menjalankan bisnis wahana waterboom.

Bisnis seperti yang selalu kami ulang-ulang dalam tulisan kami di beberapa website komersial yang kami kelola adalah dunia yang selalu berubah dan bergerak setiap saat. Setiap hari muncul bisnis-bisnis baru dan setiap hari pula ada bisnis-bisnis bertumbangan karena sudah tidak mungkin dipertahankan lagi. Bagi mereka yang punya kemampuan adaptasi yang tinggi dalam menjalankan bisnis, rata-rata mereka bisa bertahan dan sukses dalam menjalankan bisnis yang mereka dengan kemampuan adaptasi tersebut. Bisnis waterboom yang akan menjadi bahasan kita secara lebih detail di sini sepertinya secara potensi bisnis masih layak untuk dilirik sebagai bahan investasi jangka panjang bagi Anda yang bingung mau menginvestasikan dana Anda di mana. Ini berdasarkan pengalaman kami sebagai kontraktor waterboom yang memasarkan produk kami lewat website komersial, setiap tahun, minimal klien kami yang meminta untuk dibuatkan wahana waterboom minimal dua.

Untuk potensi bisnis waterboom selama dua tahun ini sepertinya sangat suram sekali karena halangan tak terduga yang tidak pernah terpikirkan oleh semua pelaku bisnis di seluruh Indonesia bahkan dunia yaitu wabah korona. Hampir semua bisnis di masa pandemi yang sudah cukup panjang ini tentu mengalami guncangan yang cukup hebat. Ada yang bertahan dengan tertatih-tatih, ada yang harus gulung tikar dan sedikit yang masih bisa berkembang dan bertahan. Bisnis-bisnis yang mengandalkan kumpulnya banyak orang tentu banyak merugi dan harus mencari berbagai cara untuk bertahan hidup. Misalkan bisnis-bisnis yang sepi tentu saja wahana waterboom-waterpark, wedding, jasa foto wisuda, pertunjukan musik, travel, pesawat, dan masih banyak lagi. Yang pasti, selama kegiatan ekonomi di masa pandemi ini segian besar melambat karena efek pandemi yang satu sama lain saling mempengaruhi.

Kami sebagai kontraktor kolam renang juga sudah tidak begitu berharap besar pada perkembangan bisnis ini selama masa pandemi yang benar-benar belum berakhir dan kabar terbaru sudah ada varian baru. Untung kami tidak hanya fokus di bisnis jasa kontraktor waterboom-waterpark saja, mainan-mainan dari bahan fiberglass lainnya seperti perosotan anak, playground anak, bebek air fiberglass dan juga ayunan anak masih ada cukup laku selama pandemi. Satu produk sepi konsumen, produk yang lain masih diburi konsumen sehingga kami tidak perlu menghentikan produksi karena karyawan produksi kontraktor waterboom masih bisa memproduksi mainan yang lainnya seperti yang kami sebutkan barusan.

Anda sudah baca pembukaan kami, kali ini kami ingin berbagi tips dan sedikit pengalaman kami dalam menjalankan bisnis kontraktor waterboom yang kami yakin bisa juga diterapkan di bisnis wisata wahana waterboom. Cara meminimalisir kerugian dalam menjalankan bisnis wahana waterboom adalah tulisan yang menurut kami penting untuk kami tulis dalam website kami sebagai bentuk edukasi dan tips bagi calon konsumen kami yang akan memesan wahana waterboom.

Menentukan target konsumen/wisatawan

Bisnis modal besar seperti wahana wisata waterboom tidak bisa asal buat, sebelum memutuskan untuk terjun dalam bisnis ini, Anda harus survey dulu tentang potensi calon wisatawan yang akan mengunjungi wahana wisata yang Anda bangun. Kalau survey sesuai kaidah bisnis bisa memprediksi minimal 60% keakuratan calon konsumen yang bisa Anda dapatkan. Jangan asal membuat wahana waterboom kalau tidak tahu pontensi calon wisatawan yang akan berkunjung pada wahana Anda. Kemungkinan Anda rugi menjadi semakin besar. Calon konsumen bisa dilihat dari padatnya tidaknya wilayah yang akan menjadi penempatan wahana waterboom Anda. Kalau dari analisis calon konsumen yang akan mengunjungi wahana yang Anda bangun tidak memungkinkan, sebaiknya jangan diteruskan pembangunan wahana waterboom, Anda bisa mencoba bisnis yang lain. Kalaupun Anda tetap kukuh dengan keputusan awal untuk membangun wahana waterboom, buatlah kecil-kecil dulu, kalau sudah mulai meningkat pesat pengunjungnya, baru Anda kembangkan lagi wahananya.

 Gunakan jasa kontraktor waterboom-waterpark yang sudah berpengalaman dan punya banyak portopolio

Menggunakan jasa kontraktor waterboom-waterpark yang berpengalaman dan punya banyak portopolio adalah salah satu langkah untuk menghindari kerugian di awal dalam bisnis wahana waterboom. Mengapa bisa demikian? Jadi loginya begini, ketika Anda menggunakan kontraktor waterboom yang Anda buta rekam jejak proyek yang pernah mereka kerjakan, kemungkinannya ada dua, pekerjaan mereka bagus kedua pekerjaan mereka jelek. Anda bisa tahu tahu sebuah kontraktor waterboom mempunyai hasil kerja bagus atau tidak dengan cara paling gampang yaitu mengunjungi wahana waterboom yang sudah pernah mereka buat. Pertanyaan pertama yang Anda ajukan ketika hendak memilih kontraktor waterboom adalah dimana proyek waterboom yang sudah pernah mereka kerjakan?

Kalau ada beberapa proyek yang sudah mereka kerjakan, sebisa mungkin Anda kunjungi minimal satu proyek mereka yang sudah beroperasi untuk melihat langsung bagus tidaknya proyek yang sudah mereka selesaikan. Kalau sudah fix bagus dan menurut kriteria Anda sudah masuk. Maka tidak ada masalah untuk menggunakan kontraktor tersebut untuk mengerjakan proyek waterboom Anda. Kalau misalnya Anda bertemu dengan kontraktor waterboom yang tidak pernah membuat waterboom sama sekali, kami sarankan Anda untuk lebih hati-hati untuk menggunakan jasa kontraktor tersebut karena masih belum punya bukti real portopolio yang sudah pernah mereka kerjakan. Kalau penjual mesti menawarkan yang manis-manis tentang produk mereka, tapi bukti nyata tetap harus menjadi patokan.

Tidak hanya jasa kontraktor waterboom saja yang harus menggunakan kontraktor berpengalaman, kontraktor bangunan dan juga kontraktor kolam renang juga harus punya pengalaman teruji. Kami pernah punya pengalaman dalam mengerjakan wahana waterboom di sebuah kabupaten di Sumatra Utara yang proses pembuatan waterboomnya sangat lama sekali karena beberapa kali ganti kontraktor pembuatan kolam renang dan sarana pendukungnya. Beberapa kontraktor di awal yang digunakan bekerja tidak sesuai dengan yang diinginkan bahkan beberapa konsep dikerjakan dengan salah sehingga membuat proses pembuatan tidak bisa dilanjutkan. Ketika kami datang untuk mengukur lokasi kolam, kontraktor yang digunakan sudah cukup berkompeten hingga kami memasang wahana waterboom di lokasi tidak ada kesalahan yang fatal dan wahana bisa beroperasi dengan normal.

Baca Juga : Produsen Perosotan Kolam Renang

Anda bisa membayangkan ketika wahana yang Anda bangun pembangunannya tidak sesuai target waktu yang sudah ditetapkan di awal dan Anda menggunakan dana bank? Selain kebutuhan dana bisa bertambah, Anda juga harus menyiapkan diri untuk mengangsur lebih lama dari target waktu yang seharusnya. Pendapatan dari operasional penjualan tiket juga harus ditunda karena pembangunan yang molor. Sebelum itu terjadi, Anda harus benar-benar teliti dalam memilih tiga jenis kontraktor yang kami sebutkan barusan.

Persiapkan marketing yang jitu untuk memasarkan wahana yang Anda bangun

Sebelum wahana beroperasi, faktor penting untuk kesuksesan sebuah bisnis di era digital seperti sekarang adalah penggunaan berbagai macam media online dan offline secara maksimal. Anda harus membuat membuat semua channel platform digital yang saat ini sedang ramai digunakan oleh masyarakat. Platform-platform tersebut mulai youtube, facebook, instagram, website, tiktok, marketplace, dan juga whatsapp bisnis. Tujuh platform tersebut harus menjadi prioritas menejemen marketing Anda untuk dikelola secara profesional mungkin. Saat ini sebagian besar masyarakat menjadikan tujuh platform tersebut untuk mencari berbagai referensi hiburan, pekerjaan dan tempat wisata. Ketika wahana waterboom yang Anda bangun bisa hadir dalam berbagai platform yang kami sebutkan, calon konsumen tentu semakin mudah untuk menemukan bisnis Anda.

Untuk memaksimalkan semua platform marketing online tadi, kami sarankan Anda untuk membuat tim marketing khusus yang pekerjaannya setiap hari adalah mengelola konten di akun wahana Anda. Karena cara kerja dari platform-platform online yang kami sebutkan adalah keaktifan pengguna dalam mengisi konten-konten yang menarik untuk para pengikut Anda. Konten-konten baik itu dalam bentuk video, foto atau tulisan harus dibuat semenarik mungkin untuk dibaca dan ditonton oleh calon wisatawan. Memperkerjakan orang-orang profesional di bidang digital marketing untuk memasarkan wahana waterboom Anda bisa salah satu dari pilihan yang harus Anda eksekusi. Memperkerjakan tenaga ahli khusus untuk marketing di awal memang membutuhkan dana lumayan besar tapi untuk perkembangan bisnis jangka panjang adalah sebuah langkah jitu untuk tetap berada di jalur bisnis digital yang sedang berkembang saat ini.

Di platform digital Anda juga punya pilihan untuk menggunaka cara berbayar untuk menjangkau semakin banyak calon wisatawan. Di instagram, di facebook, tiktok, website atau youtube semua tersedia program berbayar untuk menjangkau semakin banyak viewers yang akan menjadi calon wisatawan. Bisa juga dengan menyewa influencer media sosial yang pengikutnya banyak untuk menjadi mengunjungi wahana yang Anda bangun dan menvidiokan wahana Anda kemudian mempostingnya di akun mereka. Cara ini juga menurut kami cukup jitu untuk semakin terkenal bisnis wahana waterboom yang Anda kelola. Sekali lagi, butuh biaya besar namun akan berbanding lurus dengan potensi keuntungan yang akan Anda dapatkan.

Selain promosi online, promosi offline juga harus tetap Anda lakukan. Saran kami untuk promosi offline adalah dengan mengadakan berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat sebagai calon wisatawan. Beberapa kegiatan yang sudah sangat umum dilakukan oleh para pelaku bisnis sejak dulu untuk mempromosikan bisnis mereka adalah lomba melukis dan mewarnai untuk anak, sepeda sehat dengan berbagai macam undian doorprise untuk peserta lomba, acara konser musik, lomba menyanyi untuk anak-anak, acara bakti sosial dan juga lomba membuat video kreatif untuk umum. Acara-acara yang kami sebutkan harus rutin Anda lakukan bisa dalam rentang waktu satu bulan dua kali, satu bulan sekali dengan cara ganti-ganti kegiatan sepanjang tahun.

Marketing online dan offline adalah kombinasi terbaik dalam mendapatkan calon konsumen. Kegiatan-kegiatan offline seperti lomba untuk anak-anak, sepeda sehat, acara musik bisa Anda jadikan sebagai bahan untuk marketing online akun-akun jualan Anda kelola. Pengumaman kegiatan-kegiatan offline juga Anda bisa umumkan di akun platform digital untuk mendapatkan peserta sebanyak mungkin. Kombinasi marketing ini menurut kami sangat besar sekali efeknya untuk perkembangan bisnis Anda baik itu dalam jangka pendek, menengah dan juga jangka panjang. Para peserta yang ikut dalam kegiatan yang Anda selenggarakan juga akan memposting kegiatannya di akun-akun media sosial yang mereka miliki. Secara teori marketing, tanpa harus mengeluarkan dana terlalu banyak, Anda sudah mendapatkan promosi dari para peserta.

Menejemen bisnis yang solid  dan tertata

Bisnis adalah ilmu gabungan dari ilmu pasti dan ilmu sosial. Beberapa faktor seperti bisa dipelajari secara ilmiah baik itu dari buku, kampus dan juga pelatihan. Salah satu bagian penting dari bisnis yang harus Anda kuasai dalam menjalankan usaha wahana waterboom adalah menejemen usaha yang solid dan tertata. Menejemen bisnis ini tugasnya adalah memastikan semua elemen dalam bisnis yang sedang Anda jalankan berjalan di relnya yang sudah ditetapkan. Kalau ada yang keluar dari rel, menejemen bisnis inilah yang akan menempatkannya kembali di jalur yang benar.

Beberapa menejemen dasar yang harus Anda miliki dalam bisnis wisata wahana waterboom untuk menghindari kerugian dalam bisnis ini adalah sebagai berikut.

Menejemen keuangan. Jelas, menejemen keuangan berfungsi untuk mengatur keluar masuknya uang dalam usaha yang Anda jalankan. Tugas mereka selain mengatur keluar masuknya dan mencatat detail transaksinya, mereka juga bertugas memastikan bahwa uang yang masuk sudah sesuai aturan dan uang keluar juga sudah dibelanjakan sesuai dengan posnya. Misalnya untuk uang masuk. Wisatawan yang berkunjung ke wahana Anda pasti menggunakan tiket yang dibeli di loket. Antara jumlah tiket yang terjual dengan jumlah uang yang disetorkan oleh bagian penjualan tiket harus sesuai, tidak boleh kurang tidak boleh lebih. Kalau data penjualan tiket dan uang yang masuk tidak sesuai, berarti ada sesuatu yang tidak beres yang harus diinvestigasi oleh bagian keuangan. Bocornya kira-kira dimana dan segera harus diselesaikan masalahnya.

Adapun untuk uang keluar, menejemen keuangan bertugas untuk memastikan uang yang dikeluarkan juga harus sesuai dengan peruntukannya. Misal untuk gaji karyawan dipastikan sampai ke tangan karyawan sesuai dengan yang ditetapkan oleh menejemen. Belanja alat atau bahan sesuai dengan merk yang ditetapkan dan sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan. Kita tahu isi hati setiap orang, bisa saja karyawan yang punya pikiran tidak benar misalkan harusnya yang dibeli adalah barang baru, tapi yang dibeli malah barang seken karena lebih murah dan fungsinya sama. Hal tersebut jelas salah dan harus diusut oleh menejemen keuangan.

Menejemen keuangan yang tertib dan ketat memungkinkan Anda melihat perkembangan bisnis Anda secara lebih objektif. Dari laporan keuangan yang Anda baca setiap hari, setiap minggu atau setiap bulan Anda tahu hari apa saja wisatawan ramai berkunjung. Pendapatan dari penjualan karcis mencukupi atau tidak untuk operasional usaha. Apakah usaha Anda untung atau rugi. Apakah saat ini dana yang ada memungkinkan untuk mengembangkan wahana waterboom menjadi lebih besar dan juga menambah wahana lain. Kalau tidak ada laporan keuangan yang bagus, tentu Anda tidak bisa mengambil keputusan yang objektif dalam menjalankan bisnis ini dan juga pengembangannya.

Menejemen karyawan. Dalam mengoperasikan wahana waterboom tentu ada butuh banyak karyawan yang mempunyai tugas masing-masing. Mulai dari karyawan tiketing, karyawan marketing, karyawan keuangan, karyawan kebersihan dan juga karyawan lain seperti karyawan pemeliharaan alat-alat. Kalau Anda tidak  memungkinkan untuk mengontrol semua devisi karyawan yang kami sebutkan di atas, Anda harus memperkerjakan menejemer bisnis yang berpengalaman dan dibayar di atas rata-rata. Menejer memang dibayar rata-rata di atas karena tanggung jawab untuk memastikan bisnis berjalan sesuai dengan jalurnya. Anda sebagai owner tugasnya harus bisa membaca laporan lapangan para menejer Anda untuk melihat bisnis yang miliki secara lebih holistik. Sekali-kali secara rutin mingguan Anda turun ke lapangan untuk memastikan laporan yang Anda baca sesuai dengan keadaan lapangan. Kalau sudah sesuai berarti menejer yang Anda pekerjakan bisa diandalkan.

Menejemen karyawan ini penting karena sangat berkaitan dengan operasional usaha Anda. Misalkan untuk bagian tiketing kalau bisa karyawannya cewek dan paham cara berinteraksi dengan wisatawan, murah senyum dan sabar. Kalau wisatawan merasa pelayanan dari karyawan-karyawan Anda ramah dan menyenangkan, tentu mereka akan merasa senang. Karyawan yang berhubungan langsung dengan wisatawan harus Anda perhatikan sekali penampilan dan cara mereka melayani konsumen karena mereka adalah bagian depan dari tampilan bisnis Anda selain wahana waterboom itu sendiri. Bila perlu Anda harus mengikuti beberapa seminar tentang menejemen bisnis ketika Anda mengerjakan bisnis ini. Ditambah dengan membaca buku-buku menejemen bisnis yang banyak dijual di pasaran agar Anda punya gambaran yang jelas tentang menejemen bisnis ketika menjalankan usaha ini.

Itulah sedikit gambaran yang bisa kami berikan kepada Anda agar keitka Anda memutuskan untuk terjun dalam bisnis ini, resiko rugi bisa Anda minimalisir. Kalau Anda bisa mengatasi semua yang kami sebutkan di atas, bukan rugi yang akan dapatkan tapi kesuksesan dan bisnis yang terus berkembang. Bisnis kan begitu, selain siap untung, Anda juga harus siap rugi agar Anda tidak begitu kaget ketika Anda harus menerima kenyataan pahit kerugian dan Anda sudah siap untuk langkah-langkah penyelamatan bisnis Anda. Terima kasih sudah membaca tulisan kami tentang cara meminimalisir kerugian dalam menjalankan bisnis wahana waterboom. Semoga bisnis kita terus berkembang dan terhindar dari kerugian.

 

Bagikan informasi tentang Cara Meminimalisir Kerugian Dalam Menjalankan Bisnis Wahana Waterboom kepada teman atau kerabat Anda.

Cara Meminimalisir Kerugian Dalam Menjalankan Bisnis Wahana Waterboom | kontraktor waterboom | jual perosotan kolam renang

Belum ada komentar untuk Cara Meminimalisir Kerugian Dalam Menjalankan Bisnis Wahana Waterboom

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan